KAJIAN
PERILAKU KONSUMEN
Para
ahli berpendapat mengenai definisi Perilaku Konsumen, sebagai berikut ;
1.
Gerald Zaldman dan Melanie Wallendorf (1979:6) menjelaskan bahwa :
“Consumer
behavior are acts, process and sosialrelationship exhibited by individuals,
groups and organizations in the obtainment, use of, and consequent experience
with products, services and other resources”.
Perilaku
konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan
individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk
atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan,
dan sumber-sumber lainya.
2.
David L. Loudon dan Albert J. Della Bitta (1984:6) mengemukakan bahwa :
“Consumer
behavior may be defined as decision process and physical activity individuals engage
in when evaluating, acquaring, using or disposing of good and services”.
Perilakukonsumen
dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu
secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi, memperoleh,
menggunakan
atau dapat mempergunakan barang-barang dan jasa.
3.
James F. Engel,et.al(1968:8) berpendapat bahwa :
“Consumer
behavior is defined as the acts of individuals directly involved in obtaining
and using economic good services including the decision process that precede
and determine these acts”.
Perilakukonsumen
didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat
dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk
proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan
tersebut.
4.
Schiffman dan Kanuk (1994 : 7)mendefinisikan sebagai berikut;
“The
term consumer behavior refers to the behavior that consumer display in
searching for purchasing, using evaluating and disposing of product and
services that they expect will satisfy their needs”.
Istilah
perilakukonsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari,
membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka
harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
5.
Menurut Solomon (2007),
“It
isstudy of the processes involved when individuals or group select, purchase,
use, or dispose of products, services, ideas, or experiences to satisfy needs
and desires”.
Studi
PerilakuKonsumen merupakan proses ketika individu atau kelompok menyeleksi, membeli,
menggunakan atau membuang produk, pelayanan, ide dan pengalaman untuk memuaskan
kebutuhannya.
6.
Menurut Hawkins, Best, dan Coney (2001)
“Consumer
behavior is the study of individuals, groups, or organizations and the
processes they use to select, secure, use, and dispose of products, services,
experiences, or ideas to satisfy needs and the impacts that these processes
have on
the
consumer and society”.
Perilakukonsumen
adalah studi mengenai individu, kelompok atau organisasi dan proses dimana
mereka menyeleksi, menggunakan dan membuang produk, layanan, pengalaman atau ide
untuk memuaskan kebutuhan dan dampak dari proses tersebut pada konsumen dan
masyarakat
Model
Perilku Konsumen
Dalam
bukunya Anwar Mangkunegara (2002), menggambarkan beberapa model perilaku konsumen
dari berbagai ahli, yang dapat diartikan sebagai kerangka kerja atau alur yang
mewakili apa yang diinginkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli. Atau
model perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai skema yang disederhanakan
untuk menggambarkan aktivitas-aktivitas konsumen
Fungsi dari model perilakukonsumen
adalah :
1. Deskriptif, yaitu fungsi yang
berhubungan dengan pendalaman mengenai langkah-langkah yang diambil konsumen
dalam memutuskan suatu penelitian membeli
2. Prediksi, yaitu meramalkan kejadian-kejadian
dari aktivitas konsumen pada waktu yang akan dating
3. Explanation, yaitu mempelajari
sebab-sebab dari beberapa akifitas pembelian
4. Pengendalian, yaitu mempengaruhi
dan mengendalikan aktifitas-aktifitas konsumen pada masa yang akan datang.
Refrensi:
Ilmu Perilaku Konsumen
Penulis : Rini Dwiastuti
Agustina Shinta
Riyanti Isaskar
Penerbit:
Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Penerbit Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia
Jl. Veteran, Malang 65145 Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar